Dinas Lingkungan Hidup Jombang Ekspose Hasil Audit Lingkungan pada Dunia Usaha

Jombang – Pemkab Jombang sangat peduli terhadap perlindungan dan penegakan hukum terkait lingkungan agar tetap lestari serta terjaga kealamiannya yang disebabkan aktifitas dunia usaha, industry, rumah sakit ataupun sejenisnya. Melalui Dinas Lingkungan Hidup senin kemarin (26/11) bertempat di ruangan Soero adiningrat, menghelat kegiatan bertajuk “Ekspose Hasil Audit Lingkungan tahun 2018 dan Sosialisasi Penataan Laporan Periodik Semester” dengan Pembicara Imanuel  Kharisma dari DLH Propinsi  Jawa Timur.

Dari pengertian ini audit lingkungan untuk mengetahui potret keadaan lingkungan yang juga bermakna pemeriksaan komprehensif dalam sistem manajemen lingkungan dan dapat menbantu mencari langkah perbaikan guna meningkatkan performasi lingkungan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Pemkab jombang melalui DLH tiap tahun aktif mengaudit dunia usaha, industri, rumah sakit terhadap sistem manajemen lingkungan pelaksanaan produksi air bersih, penataan patuh terhadap perundang- undangan dan minimasi limbah.

Dalam paparannya, Imanuel menegaskan audit lingkungan merupakan alat manajemen yang meliputi evaluasi secara sistematik, terdokumentasi, periodik dan obyektif tentang bagaimana kinerja organisasi, sistem manajemen dan peralatan dengan tujuan memfasilitasi control manajemen, terhadap pelaksanaan upaya pengendalian dambak lingkungan dan pengkajian pemanfaatan kebijakan usaha atau kegiatan terhadap peraturan perundang-undangan tentang pengelolaan lingkungan.

“Harapannya dunia usaha, industri, rumah sakit proaktif dalam perlindungan lingkungan. Dengan demikian mereka meningkatkan efisiensi dan pengendalian emisi, polutan yang pada akhirnya dapat tingkatkan terhadap dunia usaha, industry, rumah sakit”, ujar Yudhi Adriyanto Kepada DLH Jombang melalui Kabid Gakum Dwi Ariyani.

Di akhir acara, diserahkan reward terhadap dunia usaha, industry, rumah sakit yang telah mentaati prosedur yang telah ditetapkan pemerintah. Sehingga dinyatakan memenuhi kriteria audit lingkungan dengan baik, yakni RS Muhammadiyah, RSJ Mojowarno, RS Airlangga, dan PT Mirolam Gemilang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *