Liputan Jawa Pos Hari Bumi 2014

PERINGATAN HARI BUMI

Hari Bumi yang jatuh tanggal 22 Juni 2014, telah diperingati bersama oleh Badan Lingkungan Hidup Kab. Jombang, SMA Negeri 3 Jombang dan Sekolah Adiwiyata dengan beberapa agenda kegiatan. Rangkaian kegiatan dilaksanakan pada tanggal 26 s/d 27 April 2014, mengambil judul “Earth Day Fun”. Tema kegiatan hari Bumi kali ini adalah “Ekspresikan Semangat Peduli Lingkungan  Sebagai Langkah Pasti Lestarikan Bumi”.

Pada tanggal 26 April diadakan Seminar Lingkungan dengan narasumber Komunitas Nol Sampah dengan materi Bahaya Penggunaan Plastik dan LSM Ecoton dengan materi Pencemaran Air Problematika buat Kita. Acara dibuka oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup Kab. Jombang SUKAR, SH, MSi. Dalam sambutannya Kepala Badan Lingkungan Hidup menyampaikan Eksploitasi sumber daya alam yang tidak memperhatikan keseimbangan lingkungan menyebabkan kita seringkali mengalami bencana dan musibah. Untuk itu diperlukan kesadaran dan kepedulian bersama untuk menjaga lingkungan hidup dengan melakukan pola hidup hemat energi, hemat air, membiasakan 3R dalam pengelolaan sampah dan penggunaan sumber daya alam secara arif.

Selain acara seminar pada pada hari yang sama juga diadakan lomba olimpiade ekologi dan lomba daur ulang untuk siswa SMA sederajat.

Puncak peringatan Hari Bumi dilaksanakan pada hari Minggu, 27 April 2014 dengan aksi dan kampanye lingkungan di Car Free Day Jl. Wakhid Hasyim. Aksi dan kampanye lingkungan melibatkan 100 siswa SMP dan SMA sekolah Adiwiyata dengan aksi rampas kresek sebagai edukasi kepada masyarakat untuk menghentikan penggunaan kresek dan plastik, aksi cabut paku di pohon dan pembagian bibit tanaman penghijauan. Selain itu OSIS SMA 3 Jombang juga melakukan kampanye dengan musik, dance, treatrikal yang bertema lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *