Penghargaan Tingkat Propinsi Program Desa Berseri Tahun 2014

PENGHARGAAN TINGKAT PROPINSI PROGRAM DESA BERSERI TAHUN 2014

 

Kabupaten Jombang melalui Badan Lingkungan Hidup akan terus menumbuhkan 4 desa/kelurahan Berseri setiap tahun. Program Desa Berseri diharapkan dapat mendukung dan mempertahankan penghargaan Adipura untuk Kabupaten Jombang, sebagai salah satu inovasi dan terobosan di bidang Lingkungan Hidup.

Program Berseri (Bersih dan Lestari) adalah salah satu program Pemerintah Propinsi Jawa Timur di bidang Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga masyarakat Desa/ Kelurahan dalam upaya pelestarian lingkungan hidup sehingga dapat terwujud desa/ kelurahan yang bersih, sehat, lestari dan asri.

Kriteria untuk mewujudkan Desa/ Kelurahan Berseri adalah pembentukan kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat, program kerja kader dalam bidang lingkungan, aksi advokasi dan provokasi lingkungan dalam peningkatan kesadaran masyarakat, penguatan kelembagaan/ capacity building, pembiasaan perilaku berbudaya lingkungan, upaya pengelolaan sampah, penyediaan Fasilitas Pengolahan Sampah, Kegiatan Daur Ulang Sampah, proses pengolahan dan pemanfaatan sampah untuk kompos, pembiasaan perilaku berbudaya lingkungan, pengelolaan sanitasi, upaya mengurangi pencemaran udara misal dengan tidak membakar sampah, kemitraan dengan pihak luar dalam Pengelolaan lingkungan, keterlibatan masyarakat dalam ikut menjaga dan melestarikan sumber daya alam, upaya penghematan sumber daya alam, peraturan tertulis dan tidak tertulis tentang penyelamatan SDA, upaya tanggap darurat bencana, penghargaan dalam upaya penyelamatan sumber daya alam dan pemakaian teknologi ramah lingkungan.

Menurut Kepala Badan Lingkungan Hidup Kab. Jombang Sukar, SH, MSi, Konsep Desa Berseri adalah peran serta masyarakat secara aktif dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui pemberdayaan kader/kelompok lingkungan, aksi provokasi lingkungan dan komitmen aparatur Desa. Harapannya dapat mempercepat pencapaian Menuju Propinsi Hijau untuk Prov. Jawa Timur dan mewujudkan Visi dan Misi  Jombang Sejahtera untuk Semua.

Dan hasil Program ini, lanjut Sukar, Kabupaten Jombang telah mendapat penghargaan Desa/Kelurahan Berseri dari Provinsi Jawa Timur yakni Desa Jarak, Wonosalam (kategori Pratama TH 2013) dan Kelurahan Jombatan, Jombang (kategori Madya TH 2013). Sedangkan untuk Desa Berseri Tahun 2014 diusulkan Desa Mojokrapak, Tembelang (kategori Pratama), Desa Kepatihan, Jombang (kategori Pratama) dan Desa Jarak, Wonosalam (kategori Madya). Target setiap tahun, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang akan melakukan pendampingan terhadap 4 (empat) desa/ kelurahan.

Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Propinsi Jawa Timur yang dipusatkan di Pantai Ria Kenjeran pada Bulan Jul 2014, Gubernur Jawa Timur menyerahkan penghargaan Desa Berseri Tingkat Madya kepada 3 Desa di Kabupaten Jombang yaitu:  Desa Mojokrapak, Tembelang, Desa Kepatihan, Jombang dan Desa Jarak, Wonosalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *